Inilah Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang

Apakah anda pecinta anjing? dan pernahkah anda berpikir alasan kenapa anjing suka menggigit tulang atau ranting-ranting pohon bahkan tulang mainan juga?. Fenomena ini merupakan hal yang biasa saja dan bahkan semua anjing melakukan hal ini. Namun apakah fenomena ini merupakan sifat dasar yang dimiliki oleh setiap anjing? Bagaimanakah penjelasan para ahli?

Inilah Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang

Berikut Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang Bahkan Tulang Mainan
Anjing merupakan salah satu jenis binatang peliharaan yang banyak dimiliki oleh mayoritas orang karena selain lucu dan menggemaskan, binatang ini juga dapat menjaga manusia dari tindak kejahatan maka wajar bila sesekor anjing bisa menjadi sahabat bagi manusia.

Namun pernahkan anda memperhatikan perilaku anjing? Sesekor anjing memiliki perilaku yang unik yaitu suka menggigit tulang atau ranting pohon bahkan tulang mainan juga. Kenapa anjing gemar gigit tulang? Berikut penjelasan singkatnya:

1. Menurut Dr. Joao Munoz-Doran yaitu ketua tim ahli dari Universitas Kolombia menjelaskan bahwa perilaku menggigit tulang pada anjing telah berlangsung selama 8 juta tahun lalu. Hal ini disebabkan karena kawanan anjing purba ingin mencari mangsa yang lebih besar darinya.

2. Delapan juta tahun lalu wilayah Asia, Amerika, dan Eropa masih banyak dihuni oleh berbagai jenis binatang sehingga terdapat persaingan ketat dalam mencari makanan. Hal ini mengakibatkan anjing-anjing purba harus melakukan perburuan secara berkelompok dan mencari mangsa yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan makanan kelompoknya.

3. Dari kebiasaan berburu itu, maka mengakibatkan munculnya jenis anjing baru yang memiliki bentuk rahang, kepala, dan taring yang berbeda dari sebelumnya yaitu memiliki rahang lebih kuat dan taring yang lebih besar dari sebelumnya. Jenis anjing baru ini yang dapat bertahan dalam seleksi alam dan menurunkan sifat ini ke generasi selanjutnya. Sehingga keturunan anjing purba ini yaitu serigala dan anjing piaraan menjadi binatang hyperkarnivora yaitu 70% binatang pemakan daging. Dengan kata lain anjing purba berevolusi menjadi hyperkarnivora yang disebabkan oleh perilaku berburu mangsa besar dan secara berkelompok.

4. Sebab itulah, kenapa anjing suka mengerikiti tulang dan ranting untuk menyalurkan naluri berburunya meskipun saat ini mereka tidak perlu berburu untuk mendapatkan makanan.

Itulah beberapa informasi seputar hasil penelitian perilaku menggigit tulang pada anjing yang telah dilakukan oleh tim dari Kolombia.

Kebisaan menggigit benda-benda seperti tulang memang sudah dilakukan anjing sejak berumur 4 bulan karena binatang ini merasakan rasa gatal pada giginya sehingga harus menggigit benda-benda disekitarnya untuk meredakannya dan ternyata kebiasaan menggigit ini telah mereka lakukan sejak delapan juta tahun lalu.

Anjing tidak hanya menggigit benda-benda disekitarnya saja, namun binatang ini juga dapat menggigit seseorang. Mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya:

1. Perilaku menggigit anjing merupakan sebuah naluri dan hal ini telah dijelaskan oleh C.W. Meisterfeld Ph.D, sehingga meskipun sudah dilakukan rehabilitasi perilaku ini akan tetap ada, ini juga merupakan alasan anjing suka menggigit tulang. Namun perilaku ini dapat diminimalisir dengan memberikan penekanan seperti hukuman sehingga dapat membuat efek jera.

2. Anjing akan menggigit seseorang jika merasa terancam, perilaku menggigit ini sebenarnya sebagai pembelaan diri terhadap bahaya yang akan terjadi pada dirinya. Namun perilaku ini dapat diminimalisir dengan latihan secara teratur sehingga dapat menekan perilaku primitif binatang ini.

3. Perilaku anjing menggigit seseorang menandakan kekuasaannya, binatang ini menunjukkan giginya untuk menunjukkan ketangguhan dan kekuasaannya. Sedangkan pada anjing terlatih biasanya perilaku ini digunakan untuk menggertak lawannya dan mempertahankan wilayahnya.

Itulah beberapa alasan kenapa anjing suka menggigit tulang dan bahkan binatang ini juga dapat menggigit manusia karena naluri yang dimilikinya.
Previous
Next Post »